Jumat, 11 Desember 2009

Apa arti Sekolah

Mengapa kita sekolah ?buat apa kita sekolah ? apakah penting kita sekolah ? apa yang di cari ketika kita sekolah ?

Menurut saya sekolah itu penting sekali untuk memajukan suatu bangsa, membuat orang isa berkreativitas dengan hebat. Sekolah mengajarkan kita berbagai ilmu. Tanpa kita sadari ilmu yang kita peroleh itu begitu penting. Ada ilmu matematika, ilmu ini sangat bagus karena jika orang putus sekolah saat smp, orang tersebut dapat berjualan dan dapat menghitung harga-harga dengan ilmu matematika. Ilmu ekonomi dapa memberi pengetahuan kepada kita tentang keuntungan, tempat meminjam uang dan sebagainya.
Dengan sekolah kita dapat membaca serta menulis, dengan bisa membaca kita dapat terhindar dari penipuan yang berkedok mendapatkan hadiah asalkan tanda tangan di surat perjanjian. Padahal isi surat tersebut mengharuskan membayar uang kepada si pelaku sebesar Rp1.000.000,- mungkin bisa lebih.

"Carilah ilmu sampai ke negeri cina"

Teks di atas adalah sebagian dari arti hadis yang pernah saya baca. Maksud dari hadis tersebut bukan mencari ilmu ke RRC, itu hanya ungkapan. Kata negeri cina itu bukan ke negara RRC, namun carilah ilmu sampai di manapun. Serta carilah ilmu sampai ke kapanpun. Belajar itu harus memiliki tujuan yang baik agar di Ridhoi oleh Allah. Nah itukan, dengan sekolah saya dapat mengerti tentang ilmu agama.

Yang kita cari saat sekolah

Yang kita cari seharusnya adalah ilmunya, bukan nilainya, bukan pacarnya, bukan gengnya, bukan uang saku. Menurut sebagian orang kita bersekolah itu karena ingin punya nilai bagus dan meneruskan ke sekolah yang bagus. Bagi saya itu salah besar, seharusnya yang kita cari saat sekolah adalah ilmu yang di berikan oleh guru kita. Jika orang tersebut 'hanya' mencari nilai, maka sebaiknya orang itu tidak sekolah saja. Orang yang mencari nilai pasti saat ulangan mereka mencari bocoran, kunci jawaban, membawa buku untuk di contek, membuat tulisan untuk di contek, bertanya sama teman. Apakah dengan begitu orang tersebut bangga sekali dengan nilai yang di hasilkan ? Sekolah juga melatih kejujuran kita. Dengan memperoleh nilai dengan cara seperti itu, samasaja kita membohongi kita sendiri, serta mencetak sedikit demi sedikit tabungan, tetapi tabungan ke neraka. Mengapa membohongi kita sendiri karena arti ulangan yang saya ketahui adalah mengulangi semua ilmu yang telah di ajarkan kepada kita. Apakah sudah meresap kepada kita atau belum. Jika nilai kita bagus tapi kita tidak mengetahui tentang ilmu yang telah diajarkan pada kita, itu artinya sama saja tidak sekolah. Jika memang benar yang kita cari saat sekolah adalah nilai, mengapa di hadis tidak di tuliskan "carilah nilai sampai ke negeri cina" mengapa tidak begitu ?Jadi memang benar yang kita cari saat sekolah adalah ilmu, dan itu telah ada hadis yang menyuruh kita mencari ilmu sampai akhir waktu kita.

Sadarilah itu mulai dari sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar