Rabu, 18 November 2009

Asal Nama Amerika

Bukan dari asal nama pedagang dan juga bukan berasal dari kartograper dari Italia Amerigo Vespucci, melainkan berasal dari Richard Amerik, seorang Wales dan pedagang kaya raya dari Bristol.
Ameryk adalah investor utama perjalanan transatlantik kedua yang dilakukan oleh Jhon Cabot. Pada tahun 1484 ia diberikan kekuasaan oleh raja Henry VII untuk menyelidiki dari London untuk menyelidiki pulau-pulau yg tidak dikenal didaerah barat.
Dengan kapal kecilnya Matthew, Cabot tiba di Labrador pada bulan Mei 1497 dan menjadi orang Eropa pertama yang tercatat menginjakan kaki ke tanah Amerika 2 tahun sebelum kedatangan Vespucci. Cabot memetakan garis pantai Amerika Utara dari Nova Scotia ke NewFoundland. Sebagai penyongkong utama perjalanan tersebut, Richard Ameryk pasti berharap pada penemuan-penemuan tersebut diberi nama penemu Benua tersebut. Ada catatan di kalender Bristol untuk tahun itu "...pada hari Baptis St Jhon [24 Juni],daratan Amerika ditemukan oleh pedagang-pedagang Bristhowe dalam sebuah perjalanan dengan kapal kecil bernama Matthew

Tidak ada komentar:

Posting Komentar