Minggu, 15 November 2009

Iman Kepada Allah swt.

A. Pengertian Iman Kepada Allah swt.
Iman menurut bahasa percaya atau yakin terhadap sesuatu.Iman menurut istilah adalah pengakuan di dalam hati,diucapkan dengan lisan,dandikerjakan dengan anggota badan Iman kepada allah swt. Membutuhkan 3 unsur badan yaitu: hati, lisan, dan anggota badan.Orang yang beriman kepada allah swt. Seharusnya juga beriman kepada rasul, malaikat, kitab dan hari akhir.
B. Sifat-Sifat Allah swt.
Allah swt. Adalah zat Maha Pencipta dan Mahakuasa atas seluruh alam beserta isinya.Allah swt. Memiliki sifat wajib, mustahil, dan jaiz.Sebagai muslim yang beriman, wajib mengetahui sifat-sifat tersebut, termasuk yang bersifat mkanawiyah (mempunyai arti maha atau paling).2 cara mengetaui sifat allah swt. Yaitu:
1. Bersifat ijmali, artinya mengetahui dan beriman secara garis besarnya saja, seperti kita percaya bahwa allah swt. sebagai Perencana, Pencipta, Pwngatur, Pengelola, dan penguasa alam jagat raya ini.
Bersifat tafsili, artinya beriman kepada allah swt. secara mendalam dengan mengetahui sifat wajib, sifat mustahil, dan jaiz bagi-Nya bedasarkan dalil naqli ataupun aqli.
a. Sifat wajib, aryinya sifat-sifat yang pasti dimiliki allah swt.
b. Sifat mustahil, artinya sifat-sifat yang tidak mungkin ada pada allah swt.
c. Sifat jaiz, artinya sifat yang mungkin bagi allah swt. untuk berbuat sesuatusesuai dengan kehendaknya.
C. Dalil dan Aqli Tentang Sifat-Sifat Allah swt
1. Wujud

Wujud bearti ada.Allah itu ada bukan karena diciptakan atau diadakan tetapi dengan zat-Nya sendiri. Kepercayaan ada atau tidak adanya allah tergantung pada manusianya yang menggunukan akal sehatnya.Kita tidak bisa menemukan allah swt. disemesta alalm ini kita hanya bisa melihat ciptaannya yaitu makhluk hidup dan alam semesta.
2. Qidam

Qidam bearti terdahulu. Allah swt. mempunyai sifat terdahulu karena tidak ada yang mendahului.Sifat mustahilnya adalah hudus yang artunya baru.Allah itu bukan makhluk tetapi Khalik(Maha Pencipta).Allah swt itu pasti lebih awal dari makhluk karena makhluk adalah ciptaan allah swt.Jadi allah swt. memiliki sifat qidam.
3. Baqa ‘

Baqa’ bearti kekal.Kekalnya allah swt. tidak akan habis atau tetap berdiri tidak akan mati.Sifat mustahil-Nya adalah fana’ yang artinya rusak atau binasa. Seberapapun gagah atau besarnya manusia pasti kalau sudah waktunya pasti akan meninggal dunia.
4. Mukhalafatu lil Hawadisi

Mukhalafatu lil hawadisi artinya berbeda dengan semua yang baru (makhluk).Sifat mustahilnya adalah mumatsalatu lil hawadisi artinya serupa dengan semua yang baru(makhluk).
5. Qiyamuhu Binafsihi

Qiyamuhu binafsihi bearti allah sw itu berdiri dengan zatsendiri tanpa membutuh batuan yang lain.Sifat mustahilnya adalah ihtiyaju ligairihi, artinya membutuhkan bantuan yang lain. Kalau manusia hidup didunia pasti tidak bisa hidup sendiri dan harus membantu satu sama lain.
6. Wahdaniyah

Wahdaniyah artinya esa atau tunggal.Allah swt adalah Tuhan Yang Maha Esa, baik zat-Nya, maupun perbuata-Nya.Sifat mustahilnya ta’adud artinya lebih dari satu Esa zat-Nya maksudnya zat allah swt. itu bukanlah hasil dari penjumlahan dan perkiraan atau penyatuan satu unsur dengan unsur yang lain menjadi satu.Esa sifat-Nya artinya semua sifat-sifat kesempurnaan bagi allah swt. tidak sama dengan sifat-sifat yang ada pada makhluknya.Esa perbuatan-Nya artinya allah swt. berbuat sesuatu tidak dicampuri oleh perbuatan makhluk apapun dan tanpa membutuhkan proses atau tenggang waktu.
7. Qudrat

Qudrat artinya kuasa allah swt atas segala sesuatu itu mutlak, baik terhahadap zat-Nya sendiri maupun terhadap makhluknya.Sifat mustahilnya adalah ajzu artinya lemah. Allah swt. tidak bersifat lemah

8. Iradat

Iradat artinya berkehendak. Allah swt. menciptakan alam beserta isinya atas kehendak-Nya sendiri, tanpa ada paksaan dari pihak lain atau campur tanggan dari siapapun.Sifat mustahil-Nya karahah artinya terpaksa.

9. Ilmu

Ilmu bearti mengetahui . Sifat mustahilnya adalah jahlun yang artinya bodoh.Ilmu allah swt. itu tidak terbatas dan tidak pula dibatasi.Allah swt bisa mengetahui sesuatu yang ada dialam semesta maupun yang terlihat atau yang gaib.Bahkan yang dirahasiakan didalam hati makhluk allah swt. tetap bisa megatahui.Sebanyak apapun ilmu yang kita ketahui pasti tidak dapat menyamai dengan ilmu-Nya allah swt.

10. Hayat

Hayat artinya hidup. Sifat mustahilnya adalah mautun yang artinya mati. Allah swt. tidak ada yang menghidupkan melainkan hidup dengan zat-Nya sendiri karena Allah Maha sempurna.Allah swt. akan hidup selama-lamanya dan mustahil jika allah swt. mati.

11. Sama’

Sama ‘ artinya mendengar. Allah swt. mendengar setiap suara yang ada di alam semesta ini Walaupun suara yang sepelan apapun allah swt. tetap mendengarnya. Sifat mustahilnya adalah summun yang artinya tuli(tidak mendengar).
12. Basar

Basar artinya melihat. Allah swt, melihat segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. Penglihatan allah swt. bersifat mutlak, artinya tidak dapat dibatasi oleh jarak dan tidak dapat dihalangi oleh dinding (tipis atau tebal) Sifat mustahil-Nya adalah umyun artinya buta.Allah mustahil bersifat buta, karena buta adalah sifat kekurangan, sedangkan allah swt. wajib bersifat kesempurnaan.

13. Kalam

Kalam bearti berfirman atau berbicara. Allah swt. berbicara tanpa mengunakan alat bantu yang berbentuk apa pun sebab sifat kalam allah swt. sangat sempurna. Sifat mustahilnya adalah bukmun, artinya bisu. Sandainya allah swt. itu bisu, mana mungkin para utusa-Nya bisa mengerti maksud wahyu yang diturunkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar