Senin, 16 November 2009

Dari mana asal intan ?

Dari Gunung Berapi
Seluruh intan terbentuk dari panas dan tekanan yg besar dari dalam perut bumi dan terbawa ke permukaan bumi oleh letusan gunung berapi.
Intan terbentuk dari 140 - 480 Km di bawah tanah. Sebagian intan ditemukan dalam batu vulkanis yg disebut kimberlit dan tambang di wilayah-wilayah tempat aktivitas gunung berapi masih aktif.Intan lainnya ditemukan telah terlepas dari batu kimberlit yg asli.
Dua puluh negara di dunia penghasil intan, dan Afrika Selatan adalh penghasil intan di dunia setelah Australia, Replubik Demokratik Kongo, Botswana dan Rusia. Intan terbuat dari karbon murn,seperti grafit yang ada pada ujung pensil, namun dengna susunan atom yang berbeda. Intan adalah suatu zat alami yang paling keras yang ada di bumi dengan skors sepuluh pada skala Kekerasan Mohs, tetapi grafit adalah zat yang paling lunak dengan skor satu setengah, lebih keras sedikit daripada bedak tabur.
Intan terbesar yg pernah ditemukan yaitu dengan panjang 4000 Km, dengan ukuran sepuluh milyar triliun triliun karat yg ditemukan di Australia. Intan pernah menjadi benda terkeras di dunia, namun pada tahun 2005 ilmuan Jerman menemukan zat yg lebih keras daripada intan dan itu dinamakan ACNR (Aggregated Carbon Nanorods) atau kumpulan nanorod karbon, bahan tersebut dibuat dengan merapatkan dan memanaskan molekul-molekul karbon yg hingga 2.226'C dan bentuk ACNR ini begitu mungil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar