Minggu, 15 November 2009

Riwayat Hidup Nabi Muhammad saw.

A. Riwayat Hidup Nabi Muhammad saw.

Nabi Muhammad saw. lahir di kota mekah pada hari Senin, 12 Rabiul Awal Tahun Gajah, bertepatan tanggal 20 April 571 M. Ibunya bernama Siti Aminah binti Wahab dan ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muthlib yang telah meninggal dunia 6 bulan sebelum Nabi Muhammad saw. lahir.
Kelahiran Nabi Muhammad disebut Tahun Gajah karena pada saat itu kota mekah diserang oleh pasukan yang menumpangi gajah di bawah kepemimpinan Abrahah. Mereka datang ke mekah hanya untuk menghancurkan Kakbah. Tetapi mereka terkalahkan oleh burung ababil yang dikirim oleh Allah swt. untuk menghancurkan pasukan gajah, dan ini sesuai dengan surat Al-fil yang artinya pasukan gajah.
Nabi Muhhamad saw, adalah keturunan dari Qushai pahlawan suku Quraisy yang telah berhasil menggulingkan kekuasan Khuza,ah atas kota mekah.Ibu Nabi Muhammad saw. meninggal dunia saat Nabi Muhammad berumur 6 tahun. Kemudian Nabi Muhammad di bawa oleh Ummu Aiman ke Kakek Nabi Muhammad saw. yaitu Abdul Muthalib. Kakek Nabi Muhammad saw. meninggal dunia pada umur 80 dan saat itu Nabi Muhammad saw. berumur 8 tahun.
Setalah meninggalnya Abdul Muthalib, Nabi Muhammad di asuh oleh pamannya yang bernama Abu Thalib. Disaat Nabi Muhammad hidup, beliau mempunyai banyak pengalaman banyak dan beharga, diantaranya sebagai berikut:

1. Berniaga

Ketika Nabi Muhammad berumur 12 tahun, beliau mengikuti pamannya berjualan di negri Syam. Di perjalanan Abu Thalib bertemu pendeta nasrani yang bernama Buhaira. Dan pendeta itu mengetahui tanda-tanda kenabian di Muhammad, dan Abu Thalib disarankan untuk membawa Muhammad pulang ke Mekah.

2. Nabi Muhammad saw. sebagai Pengembala

Nabi Muhammad saw. juga pernah mengembala kambing, dan beliau banyak memperoleh kepercayaan untuk mengebala kambing milik keluarga dan milik penduduk Mekah. Nabi Muhammad saw. mendapatkan pengalaman ulet, sabar, tabah, tenang, dan terampil.

3. Menegakan Kebenaran dalam Perang Fijar

Pada saat Nabi Muhammad berumur 15 tahun terjadi peperangan antara suku Quraisy dengan suku Qais. Perang ini dinamakan Perang Fijar karena pada saat bulan Zulkaidah yang termasuk bulan haram unuk berperang.


4. Menegakkan Ketertiban dalam Haiful Fudul

Setelah meninggalnya Abdul Muthalib kota Mekah jadi merosot. Terjadi pemerasan, perampokan, pembunuhan, penganiyaan secara terang-terangan. Kemudian dibentuk pemimpin Kota Mekah lagi dan dia bersumpah agar tidak membiarkan Kota Mekah terus merosot.

5. Berusaha Mencari Nafkah

Menjelang berusia 25 tahun Nabi Muhammad saw. mulai berusaha sendiri dengan jalan memperniagakan harta Khadijah.
Nabi Muhammad saw. berdagang ke syam dan ditemani Maisarah.

6. Membina Rumah Tangga

Nabi Muhammad saw. saat memperdagangkan harta Khadijah,beliau dilamar oleh majikannya. Pada saat itu Nabi Muhammad saw. berumur 25 tahun sedangkan Khadijah berumur 40 tahun, merekapun menikah.
Nabi Muhammad saw. dikaruniai 2anak laki-laki dan 4 anak perempuan.Nabi Muhammad saw. saat itu juga dipanggil Abdul Qasim karena anak sulungnya bernama Qasim.

7. Menegakkan Keadilan dan Perdaiman

Setelah Nabi Muhammad saw. menjadi hakim beliau selembar kain untuk tempat batu. Hendaklah setiap ketua kabilah memegang ujung kain ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar